Senin, 02 Februari 2009

Antara penampakan dan asal usul

Jono itu bisa dibilang warga keturunan, bokap gw itu cina dari Bangka, sedangkan nyokap gw itu padang. Tapi kalo dilihat dari penampakan, orang lebih sering ngira g orang batak, g juga nggak tau kenapa, kalo hanya sesekali sih ngak papa, tapi kalo yang ngomong berpuluh2 kan g juga eneg. Bukan masalah g nggak suka dibilang orang batak sih, ( temen2 g yang batak cantik2 kok, ada tata, sisi, astrid, rachel, dan sebagainya), tapi masalahnya ada pada males dan capek ngejelasinnya. Pernah suatu kali waktu gw masih exist ( huumm humm) di melbourne, g diundang( atau JB aja, biar ngak kalah gaul/happening) di acara Bona Taunnya anak melbourne, which is acara ini diselenggarakan oleh orang batak dan tempat berkumpulnya orang2 batak atu melbourne. Pas g lagi asik makan, tiba2 g disamperin ama om2 gede, rambut gondrong, dan muka gahar, lalu dengan garangnya dia ngeliat kearah gw sambil bertanya ( atau marah atau teriak, au deh ) "BORU APA KAU????", lah gw karena merasa bukan orang batak, gw hanya bisa tersenyum dan berkata " bukan , aku bukan batak " , lalu si om gahar tadi tiba2 melotot kearah gw sambil ngomong " OOO, BORU PURBANYA KAU YAA” gw yang kesel menjawab " bukan, aku bukan batak ", lalu si om berkata lagi " IYA MAKSUD AKU TU PURBA, PURA2 BATAK" lalu pergi meninggalkan gw dengan muka bengong, dan tertawan dari teman2 yang lain. Dan apesnya lgi, ternyata bukan hanya pada malam bona taun itu doang gw ketemu ama om gahar, tapi pas aara Festival Indonesia, ngak sengaja gw ketemu ama dia, trus dia langsung menunjuk kearah gw , sambil berdiri ( tadinya dia duduk amnis aja, dengerin music, pas ngeliat gw langsung berdiri, seakan ngeliat maling , sial!) " OII, PURBA, DISININYA KAU RUPANYA ", apa yang gw lakuin, hanya terdiam pasrah, dan harus mendengarkan celan temen2 gw lagi.

Masih banyak kejadian2 lainnya, salah satunya pas g jadi panitia untuk Concert glen di Melbourne, nah pas di backstage g nemenin temen gw willi minta tandatangannya glen ( gw juga mau sih ..hahaha, KEMPIIIII),trus pas giliran gw yang mau minta tandatangan , tiba2 glennya ngomong gini " boru apa lo ?" , g yang udah kesel, karena jelas2 willi yang orang batak dan AMUBA a.k.a asli muka batak, ngak ditanyain boru apa, lah sedangkan gw, yang jelas2 bukan batak, sama sekali ngak ada sangkut pautnya, malah ditanyain boru apa , saking keselnya gw bentak aja ( asikk , ngebentak artiss!!!) " g bukan batak tau", trus g melengos pergi, glennya cuma bisa terbengong. Masa artis aja bisa ngira g batak si!

Kejadian berikutnya terjadi yah baru2 ini, ceritanya kan gw baru masuk kantor ni, orang baru lah, jadi yah gw mesti jaim dengan orang2 di kantor gw, trus pas lagi di lift , temen satu kantor g nanya dengan pedenya " lo orang batak yah ", sedang g hanya bisa menarik napas, untuk tidak jutek ( namanya juga anak baru, ngak mungkin kan gw jutek ),dan menjawab " bukan,g orang batak " , trus dia bukanya berhenti bertanya malah melanjutkan " lah , lo orang apaan emang ", trus g menjawab dengan sabar " bokap gw cina, nyokap gw padang ", lalu tiba2 dia teriak, dengan mata melotot dan mulut menganga " BOONG!" ,jawaban gw " lo orang ke 1342 yang bilang gw orang batak"dan terpaku.

Tapi intinya ngak semua orang si yang bilang g batak, buat orang2 yang udah mengenal asal usul g mereka sangat mengakui kalo g cina, katanya bisa terlihat jelas dari bentuk mata gw yang sipit ( padahal g yakin banget , kalo first impressionnya dia ke gw, pasti g dikira batak), ada juga yang bilang gw mirip orang spanyol ( DEMI ALLAH, g ngak boong) dan ajaibnya, yang ngira g orang spanyol itu adalah orang batak sendiri asli dari padang sidempuan lai!!,CEO kantor g , ngira g cina( lah padahal g emang cina), pas g lagi pakai baju merah, tiba2 CEO g nyamperin dan berkata " ihh..kamu kok mirip cina yahhh" lalu dia pergi dan meninggalkan gw yang ingin menjelaskan lebih lengkay tentang asal usul gw! tapi apa daya, dia udah pergi ,( ngak mungkin banget kan g samperin dan menjelaskan panjang lebar ) , tukang pijet favourite juga berhasil menebak dengan benar kalo gw cina, ( tapi kayaknya dia ngira g cina, karena g tinggal di kelapa gading deh).

Banyak banget temen g yang bernasib sama, penampakan ngak cocok sama asal usul, G punya temen namanya TITA, mukanya cina abis, padahal dia ngak ada keturunan cina sama sekali, dan dia batak sejati!dia juga sebel kalo ada orang2 yan ngatain dia cina ( dunia emang kebalik yah ta), ada juga vira, sahabat gw yang satu ini, juga sama kayak gw , peranakan cina-makasar, mukanya cina abis, tapi tetep ngak mau dikatain cina, dia masih menganggap orang2 ngira dia asli manado! ( pathetic..hahaha), ada juga lisa, temen gw yang bokapnya cina bangka ( satu kampung ama gw cuy)hihi, juga mau dirinya dibilan mirip jepang, dan suka boongin orang kalo dia ada keturunan jepang, ada juga devina, cina asli, tapi orang2 malah mikir dia orang manado ( kebalik banget ama vira ) , ada lagi Citra, padang asli, taoi mukanya cina abis, pas di Kl sering diajak ngomong pake bahasa cina ama ncik2 pasar malam ( hahahaha) , atau satriya, mukanya rada mirim orang ambon , padahal orang jawa asli ( maap sat ) untung aja kebantu banget ama nama aslinya SATRIYA KURNIA ANGGORO, keponakan gw ,MEILAN mukanya cina abis, gendut dengan rambut keriting, umur 5 tahun dan mulut yang sangatt judes, tapi kalo dibawa kelingkungan keluarga bokap gw yang notabene cina semua, dia malah komentar gini " apa sih ngomongnya, kayak orang cina aja ", sedangkan kakek tersayangnya ( bokap gw ), hanya bisa tertawa meringis, melihat cucunya yang tampaknya tidak sadar dengan bentuk mukanya yang seiras dengan anggota keluarga yang lainnya.

Intinya adalah, kadang kita berusaha sangat keras untuk mengubah persepsi orang tentang kita, tapi tetap saja pandangan orang berbeda, yah mau diapain lagi, masak gw harus oeprasi plastik biar keliatan lebih cina, kalo sekarang g sih pasrah, mau dibilang cina kek, batak kek, cina padqng kek, g udah ngak peduli, asal jangan dibilang orang utan ajaaaaaaa!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar